8 Tanaman Obat Diabetes Beserta Manfaat Dan Gambarnya

8 Tanaman Obat Diabetes Beserta Manfaat Dan Gambarnya


Setiap ketika dan keadaan, didalam tubuh anda terjadi proses pengolahan sekian banyak  macam zat. Yang nantinya dari zat-zat itu dapat terhasillah energi, dll. Proses pengolahan zat kimia ini sendiri dikenal dengan sebutan metabolisme tubuh.

Diabetes ialah salah satu penyakit yang terjadi sebab adanya gangguan metabolisme tubuh. Yang mana penderita merasakan suatu suasana dimana tubuh merasakan ketidaksanggupan untuk menata kadar gula (glukosa) didalam tubuh secara otomatis laksana dalam suasana normal.

Penyebabnya sendiri terjadi sebab ketidakmampuan pankreas dalam menghasilkan insulin, yang nantinya zat berikut yang dipakai untuk menata kadar gula darah dalam tubuh.

Penggunaan obat-obatan guna penyakit diabetes memang sering kali di butuhkan supaya diabetes yang diderita lebih cepat sembuh.

Namun nyatanya disamping Anda mengerjakan pengobatan dengan obat diabetes, Anda pun akan membutuhkan sejumlah tanaman obat diabetes atau sejumlah jenis buah dan sayuran, yang dapat menolong mempercepat proses pengobatan diabetes.

Hal ini sendiri dianjurkan karena memang mengingat bila penyakit diabetes ini ialah salah satu jenis penyakit yang terbilang sulit disembuhkan. Terlebih bilamana sudah terjadinya luka ulkus diabetes atau yang di kenal dengan luka gangren diabetes, dimana luka yang terjadi sangat sukar untuk di sembuhkan.

Untuk informasi lebih mengenai luka diabetes ini, sebetulnya telah dibahas pada artikel kami sebelumnya, yaitu mengenai obat luka diabetes di apotik. Yang mana berbagai informasi mengenai luka diabetes ini telah kami paparkan lebih lengkap di artikel tersebut.

Tak jarang seseorang hingga harus puluhan bahkan ratusan kali kembali pergi kedokter dan menghabiskan ongkos sampai puluhan bahkan ratusan juta melulu untuk menjalan penyembuhan diabetes ini.

Namun kesembuhan yang diperoleh membutuhkan masa-masa yang terbilang paling lama. Dan sering kali sebelum dapat sembuh total, penderita diabetes keburu di tarik keluar sama Yang Maha Kuasa.

Memang tak dapat dipungkiri, kalau kesembuhan dan segala sesuatunya itu kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun kita juga diperintahkan untuk menjalankan asbab pengobatan. Bilamana obatnya tepat dengan penyakitnya, maka insyaallah Alloh SWT akan memberikan kesembuhan.

Selain dengan obat-obatan diabetes, beberapa sayuran & buah atau tanaman obat diabetes ini dapat membantu untuk mengobati diabetes yang Anda derita. Beberapa tanaman baik itu buah, sayur atau rempah-rempah ini bisa Anda jadikan sebagai suatu bahan yang hadir dalam menu makan Anda.

9 Tanaman Obat Diabetes Beserta Manfaat Dan Gambarnya

1. Brotowali

Tanaman brotowali sendiri memang sudah banyak terkenal karena khasiatnya dalam membantu pengobatan. Salah satunya membantu dalam pengobatan penyakit diabetes. Adapun dalam penggunaan cara mengobati diabetes dengan brotowali ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan merebus batang brotowali.

Namun Anda harus tahan akan rasa pahit saat meminumnya. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menambah madu setelah air rebusan brotowali ini dingin agar rasanya tidak terlalu pahit.

Alasan pencampuran dengan madu dilakukan pada saat air rebusan sudah dingin adalah karena madu ini bila dicampurkan dengan air panas dapat merusak senyawa dalam madu. Dan bahkan beberapa studi mengatakan pencampuran madu pada air panas dapat mengubah senyawa madu menjadi racun. Maka dari itu campurkanlah madu pada saat air rebuan brotowali sudah dingin.

2. Buah Manggis




Didalam buah manggis ini mengandung senyawa xanthones yang dapat memperlambat terjadinya alpha-glukosidase. Alpha-glukosidase sendiri adalah suatu proses dimana zat karbohidrat diubah oleh enzim menjadi glukosa. Ketika proses ini dihambat, maka dampaknya kadar gula darah akan mengalami penurunan.

Dalam penggunaannya sendiri Anda cukup memakannya langsung secara teratur. Misalnya Anda bisa memakannya setiap sebelum makan, dll.

3. Daun Mangga




Pada daun mangga ini terdapat yang bernama tarakserol -3 beta dan etil asetat. Dimana keduanya dapat membantu menormalkan produksi hormon insulin oleh pankreas. Bilamana produksi hormon insulin mulai meningkat, maka gula darahpun dapat dikontrol. Dan lambat laun, gula darah akan kembali normal.

Adapun dalam penggunaannya, yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan merendam 2–3 helai daun mangga selama 12 jam lamanya. Kemudian saringlah air rendaman tersebut dan minum airnya secara rutin.

4. Daun sirsak




Tanaman obat yang satu ini memang terbilang memiliki pelbagai khasiat guna menolong pengobatan sebuah penyakit, salah satunya diabetes. Didalamnya sendiri terdapat senyawa laksana kalium, fosfor, kalsium, vitamin C dan serat dalam jumlah yang lumayan banyak. Dimana kandungan itu dapat menolong dalam proses perbaikan kinerja pankreas dan sel-sel dalam tubuh.

Dalam penyembuhan diabetes dengan daun sirsak sendiri, Anda dapat melakukannya dengan 2 cara. Yaitu dengan teknik basah atau kering. Cara mengobati diabetes dengan daun sirsak dengan teknik basah, yakni merebus sejumlah helai daun sirsak. Setelah warna air rebusan berubah, angat dan saring. Lalu sesudah agak hangat dapat langsung di minum.

Adapun teknik mengobati diabetes dengan daun sirsak secara kering ialah dengan kita menjemur daun sirsak. Kemudian setelah lumayan kering, daun digiling sampai menjadi serbuk. Lalu diseduh dengan air hangat.

5. Mengkudu




Buah yang memiliki rasa yang tidak enak ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Didalamnya sendiri terkandung senyawa yang bernama zat proxeronin. Dimana senyawa tersebut dapat memperlebar pori-pori sel tubuh, sehingga fungsi sel dapat membuat glukosa menjadi lebih baik.

6. Daun sambiloto


Daun sambiloto ini memang memiliki cita rasa yang pahit sama seperti brotowali dan juga mahkota dewa. Namun didalam daun ini mengandung flavonoid yang dapat mempermudah pankreas untuk menghasilkan hormon insulin.

Adapun cara mengobati diabetes dengan daun sambiloto adalah dengan cara cukup merebusnya. Lalu air rebusan tersebut disaring dan diminum. Untuk sedikit mengurangi rasa pahitnya, Anda juga bisa menambahkan madu pada saat air rebusan sudah benar-benar dingin.

7. Daun kemangi




Daun yang kerap kali menjadi lalapan ini ternyata di dalamnya terkandung suatu senyawa yang dapat mempermudah kerja insulin dalam mengkonversi glukosa menjadi energi. Sehingga lambat laun, glukosa dalam darah akan menurun dan normal kembali.

Dalam penggunaannya juga Anda bisa hanya dengan tetap menjadikannya sebagai lalapan. Namun sebagai tips, jangan terlalu membuat sambal yang enak ya ,,,!! Nanti bilamana Anda membuat sambal yang enak Anda ingin terus makan lagi. Ingat Anda harus tetap mengatur porsi makan Anda.

8. Tanaman obat diabetes keladi tikus



Keladi tikus atau yang dibeberapa wilayah orang menyebutnya talas kunting ialah salah satu tumbuhan obat yang dapat menolong mengobati penyakit diabetes.

Didalam tumbuhan ini sendiri didalamnya terdapat senyawa Ribozome Inactivating Protein. Yaitu suatu zat yang bisa meregenerasi sel tubuh, sampai-sampai sel-sel tubuh yang dapat mengolah glukosa menjadi normal laksana semula.

Namun dalam pengolahannya sendiri Anda mesti paling berhati-hati. Karena tumbuhan ini berisi racun atau toksin.

Itulah 8 Tanaman Obat Diabetes Beserta Manfaat Dan Gambarnya yang bisa membantu para penderita diabetes. Semoga bermanfaat

Bagi Anda yang juga mengalami luka diabetes, maka Anda bisa menggunakan obat luka diabetes agar cepat kering ini guna mempercepat penyembuhan yang terjadi.

Baca informasi tanaman obat lainnya di :
Aneka Tanaman Obat Gambar Dan Manfaatnya

Komentar