Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Temulawak

Temulawak mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza yakni tanaman herbal yang termasuk ke suku temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini datang dari Indonesia, terutamanya pulau jawa, lalu menmenyebar ke sejumlah tempat di lokasi lokasi biogeografi Malesia.

Temulawak Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Lambung


Sekarang ini, sejumlah besar budidaya temu lawak ada di Indonesia, Malaysia, Thailand, serta Filipina. Tanaman ini tidak hanya di Asia Tenggara bisa didapati juga di China, Indochina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat serta beberapa negara Eropa.

Nama daerah di Jawa yakni temulawak, di Sunda dimaksud koneng gede, sedang di Madura dimaksud temu labak. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 mtr. diatas permukaan laut serta berhabitat di rimba tropis. Rimpang temulawak bisa tumbuh serta berkembang dengan baik pada tanah yang gembur.

Temulawak adalah biasanyasering dipakai dalam penyembuhan tradisionil. Perihal ini karena temulawak mempunyai potensi untuk menangani beberapa permasalahan kesehatan, diantaranya ialah penyakit asam lambung.

Penyakit asam lambung ialah permasalahan kesehatan yang cukuplah umum berlangsung di penduduk. Keadaan ini dikarenakan oleh naiknya asam lambung ke arah kerongkongan hingga memunculkan ngilu pada ulu hati seperti berasa terbakar di dada.

Pemicu penyakit asam lambung 

Biasanya penyakit asam lambung dikarenakan oleh tidak berfungsinya LES (Lower Esophageal Sphincter). LES ialah lingkaran otot di bagian bawah dari kerongkongan. LES berperan menjadi pintu automatis yang akan terbuka saat ada makanan atau minuman yang ingin masuk ke perut.

Sesudah makanan masuk ke perut, jadi LES akan tutup untuk menahan asam serta makanan yang telah masuk ke perut tidak naik kembali pada kerongkongan. Oleh karena itu, bila LES ini tidak berperan, jadi asam lambung dapat keluar dari perut serta mengakibatkan penyakit asam lambung.

Tidak hanya tidak berfungsinya LES, penyakit asam lambung dapat juga dikarenakan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti : seringkali konsumsi alkohol, kebanyakan konsumsi makanan yang berlemak, kebanyakan minum kopi, dan rutinitas merokok.

Tanda-tanda penyakit asam lambung 

Di bawah ini ialah gejala-gejala dari penyakit asam lambung :

  • Ngilu pada ulu hati seperti sensasi terbakar di dada 
  • Alami kesusahan menelan 
  • Mulut terasa asam serta pahit 
  • Berbau napas tidak enak 
  • Penyembuhan penyakit asam lambung 

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Temulawak

Penyembuhan penyakit asam lambung ada beberapa jenis, dari mulai pemakaian obat-obatan, sampai aksi operasi menjadi langkah paling akhir. Akan tetapi biasanya penyakit asam lambung umumnya memakai obat-obatan menjadi langkah penyembuhan. 

Obat-obatan yang dipakai untuk penyembuhan penyakit asam lambung salah satunya yakni obat antasida. Obat ini berperan untuk menetralkan asam lambung. Walau obat antasida ini termasuk cukuplah efisien dalam menyembuhkan penyakit asam lambung, tapi obat ini mempunyai banyak resiko resikonya.

Beberapa resiko resikonya yang di munculkan oleh obat antasida ini yakni : terjadinya masalah ginjal, desakan darah tinggi, diare, serta kram perut. Oleh karena itu, salah satunya penyembuhan yang pas untuk menangani penyakit asam lambung yaitu dengan tanaman herbal.

Perihal ini karena tanaman herbal tidak mempunyai resiko resikonya, hingga betul-betul aman untuk di pakai. Nah, salah satunya tanaman herbal yang bisa menolong menyembuhkan penyakit asam lambung ialah temulawak.

Perihal ini karena tanaman herbal yang satu ini mempunyai kandungan kurkumin, zat tepung, glikosida, karbinol, protein, serat, kalium oksalat, toluil metil, I-sikloisopren myrsen, dengan kandungan temulawak itu bisa menyembuhkan asam lambung sebab bisa menolong menteralkan asam lambung yang berlebihan dengan alami.

Tidak hanya bisa menolong menyembuhkan penyakit asam lambung, termulawak dapat juga menolong menyembuhkan penyakit lambung yang lain, yakni penyakit maag sebab mempunyai kandungan anti inflamasi. Nah, untuk menyembuhkan penyakit asam lambung dengan memakai temulawak triknya yakni :

  1. Sediakan 30 gr temulawak 
  2. Lalu bersihkan dengan air bersih 
  3. Sesudah itu, lantas rebus dengan air seperlunya 
  4. Lantas nantikan sampai masak 
  5. Sesudah tuntas, saring air rebusan temulawak ke gelas 
  6. Mungkin itu langkah membuat ramuan dari temulawak untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Minumlah ramuan itu saat penyakit asam lambung tengah kambuh.
Itulah cara mengobati asam lambung dengan temulawak. Bagi Anda yang saat ini menderita penyakit lambung, Anda juga bisa mulai merutinkan diri untuk mengkonsumsi ramuan temulawak obat asam lambung ini. 


Komentar